Wednesday, March 12, 2008

Alhamdulillah, punya murid baru

Sejak minggu lalu, tiap sabtu saya bakal disibukkan pergi ke daerah Yie Tiew untuk ngajarin seorang cewek kelas 6 sd dan juga ngajarin ngaji adiknya yang baru umur 5 th. Ini dia, jenis pekerjaan yang sangat saya senengin selain bermain bola =P. Ngajar itu sebenernya ga gampang karena butuh ketrampilan untuk menjelaskan dan juga menarik perhatian orang yang kita ajarin.

Dan hari pertama saya ke sana, dianya minta dibantuin ngerjain PR bahasa melayu. Waduh..ada beberapa kosokata yang aneh2 dan saya ga tau sama sekali. Mirip sih dengan bahasa indonesia, yang paling2 jenis soalnya itu mencari sinonim, antonim, peribahasa, pertanyaan singkat dari sebuah bacaan, melengkapi kalimat yang kosong dll. Mhhh..jadi teringat saat2 SMP (3 pati) kelas 2. Saat diajar bu Sri..PR nya luar biasa banyak dan klo ada ulangan..sampe bel sekolah usai berbunyi pun,..sekelas belom ada yang selesai mengerjakannya. =). Lha jenis soalnya tipe2 mengarang,..membuat kalimat,..membuat paragraf,..menulis surat,memo dll..yang bisa bikin tangan kapalan. =P

Dan setelah PR selesai,..akhirnya berlanjut ke soalan mathematic. Wow..nilai ulangan hariannya bener2 ancur! busyet dah..katanya ibuknya sih karena sejak beberapa bulan terakhir dia emang ga punya guru les karena sedang hamil. dan klo diajarin ibuknya, si anak jadi males2an dan akhirnya ibuknya marah2. mhhh..

Akhirnya saya njelasin jawabannya dengan gambar2 sesuai dengan cara di buku paketnya. Kadang untuk soal yang lumayan susah,..metode gambar kok susah sekali dilakukan. Dan kalaupun bisa saya jelasin pake gambar2..dianya ga paham juga. Beuh..kadang bingung gimana. mhhhhh..

Pokoknya gimana mbuh gimana,..saya mesti bisa bikin dia pinter. mhhh...semoga bisa berhasil. amin

-guru amatir dadakan =P

1 comment:

# sunuhadi # said...

abay ganbatte!! ngajarin ngaji pahalanya ngalir terus men!

nt khan jago math tuh, tapi membuat pelajaran mudah dipahami tanpa bikin kening berkerut emnag gak gampang koq..