Sunday, March 30, 2008

bersyukurlah jika anda (masih) sibuk

Merujuk ke pengalaman sehari2 saja dalam dunia perkuli-ahan, sibuk itu ternyata lebih baik daripada nganggur. Sibuk bisa diartikan juga dengan aktiv, dalam hal mengerjakan tugas2, deadline, belajar, bermain dkk. transisi dari satu kesibukan ke kesibukan yang lain, atau disebut juga dengan fase menunggu, adalah waktu yang biasanya sangat dinantikan. Namun, seberapa lama waktu transisi itu perlu dikaji sehingga otak bisa 'beristirahat' secara maximal. Karena pada dasarnya, otak yang sehat adalah ketika dipakai untuk berfikir.

Dan dari pengalaman saya pribadi, otak saya mampu bekerja secara optimal hanya ketika dalam kondisi sehat, sedang dalam kesempitan dan tertekan, dan juga saat sedang punya masalah. Dan hebatnya, hidup manusia itu tidak akan lepas dari yang namanya masalah yang sebenernya kita ogah untuk memilikinnya. Sesuatu keterpaksaan yang bikin kesel namun sebenernya itulah yang bisa bikin kita untuk selalu berfikir.

Dan untuk menjamin otak kita selalu produktif, asupan gizi ke otak tentunya harus diperhatikan. Makanan yang mengandung protein sangat lah penting. Sel2 otak banyak yang mati dan harus diganti dengan sel2 baru. Protein dari ikan ternyata sangatlah baik untuk dikonsumsi yang konon orang jepang sangat menyukai karena faedahnya. Dan jenis ikan teri yang murah itu, tidak kalah gizi nya dengan jenis ikan tuna, salmon, udang ataupun ikan2 lainnya. Karena kandungan protein di tulang punggung ikan ternyata sangatlah kaya dengan protein2 yang essential tidak kalah dengan bagian daging ikan2 yang sudah kesohor nama dan juga harganya.

Karena otak adalah asset terbesar, jadi mari kita rawat baik2. Dan bersyukurlah jika anda (masih) sibuk karena sibuk membuat otak sehat ^_^

1 comment:

# sunuhadi # said...

wow. Benr juga sih, cuman kadang-kadang kesibukan bikin otak capek, abis itu badan ikutan capek, abis itu cepekkk dehhh!